Membedah makna LEBAK CAWÉNÉ

Lebak Cawéné. Adalah penggalan kata yang ada pada Uga Wangsit Siliwangi. Bagi yang konsen terhadap isi dari Uga ini, pasti tidak akan asing lagi.

Lama saya mencari dan merenungkan makna dari lebak cawéné ini, khususnya pada kata “cawéné”. Lebak sendiri dapat diartikan sebagai lembah. Sementara, telah banyak tulisan yang saya baca, mengartikan kata cawéné dengan menghubungkannya dengan kata cawane, cawen, cawan. Namun saya meragukan arti kata itu, dengan alasan bahwa, kata-kata itu tidak dikenal dalam bahasa Sunda. Sementara isi Uga sepenuhnya memakai bahasa Sunda. Saya pernah mencoba mencarinya di kamus bahasa Sunda R. Dana Dibrata, namun saya tidak kunjung menemukannya. Hingga saya teringat pada lagu Sunda era 80an, yang menyebut kata cawéné dalam syairnya. Dari syair tersebut, kata cawéné mengarah kepada arti gadis atau perawan, karena dipasangkan dengan kata bujang. Inilah potongan syair lagu tersebut:

===
Judul Lagu : Carpon
Dipopulerkan oleh Grup Inohong di Bojong Rangkong

Carpon Carita pondok, ngundang kapanasaran,
mun maca carita pondok, pikiran jadi caraang
Carpon Carita pondok, dongeng nu sakahayang,
Mun maca carita pondok, mamanahan ge bungangang.

Aya AWEWE geulis, tapi euweuh sirahan
Aya LALAKI leumpang, tapi euweuh sukuan
Aya WANOJA seuri, tapi euweuh biwiran
Aya JAJAKA nekad, ngadahar sirah sorangan
Aya CAWENE lenjang, tapi tanpa kalangkang
Aya si BUJANG gandang, tapi kakalayangan

Aya inohong leumpang, tapi tanpa jugjugan
Malah jeung silih hakan, ngalegleg batur sorangan
===

Perhatikan kata-kata yang saya cetak dengan huruf kapital (AWEWE, LALAKI, WANOJA, JAJAKA, CAWENE, BUJANG).

Jika anda mendengar syair lagunya secara langsung, maka akan menemukan penggalan pasangan tiap bait. AWEWE dengan LALAKI, WANOJA dengan JAJAKA, dan CAWENE dengan BUJANG. Jika demikian adanya, maka pasangan CAWENE adalah BUJANG. Sementara bujang itu masih sama dengan jajaka, dan lalaki, dengan predikat belum menikah. Sehingga, Cawene juga sama, seperti halnya wanoja dan awewe. Jika bujang predikatnya belum menikah, maka seharusnya cawene pun demikian. Sehingga itu diidentikkan dengan perawan atau gadis.

Jika saya ambil pemaknaan cawéné sebagai gadis atau perawan, maka arti dari lebak cawéné adalah LEMBAH PERAWAN.

LEMBAH PERAWAN. Dalam pemikiran saya, dua kata ini bermakna majemuk, artinya mempunyai berbagai kemungkinan makna.

Kemungkinan pertama. LEMBAH PERAWAN adalah lembah yang belum terjamah oleh siapapun. Artinya, belum ada seorangpun yang pernah menemukannya.

Kemungkinan kedua. LEMBAH PERAWAN adalah lembah tempat berkumpulnya para gadis perawan. Adakah di dunia ini tempat seperti itu? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Namun, pemikiran saya menemukan tempat yang mutlak ada, diisi oleh para gadis perawan, dialah tempat yang disebut dengan NIRWANA.

Wallahu a’lam bishowab

Dibedah oleh : Husnul Yakin Ali

7 tanggapan untuk “Membedah makna LEBAK CAWÉNÉ

  1. Punten ah..sampuuurasuuun..perkawis ngenaan lebak cawene, belah mana-mana na rupina utang kedah beres, kedah nengetkeun pantun bogor ‘ngahiyangna pajajaran’..didinya atrat jelas naha bet di sebut lebak cawene..didinya oge jelas ngagambarkeun mun lebak cawene katingali ti gunung bengbreng..dikantun

  2. Lebak cawene dekat gunung Halimun salak. (Bila mana ada yang minta tolongdi gunung Halimun salak berkumpullah di Lebak Cawene)

  3. Tmpt itu yg sebenarnya mmg bnr2 ada, tp tiada.. ttpi ada ! Insyaalloh… Cari lah bocah angon itu… Brlah nti akan mengrti

  4. aya nu nyebutkeun yen lebak cawene teh tempatna perbatasan antara sukabumi jeung banten anu daerah tatar laut kidul nyaeta daerah bayah. malah lebak cawene hiji daerah anu ditempatan ku para awewe nu parawan ceugekan hartina parawan suci. ngan eta lebak cawene teh ayana di alam samar.

  5. Sampurasun…
    Salamun,salamun…
    Suka ingin tertawa kalau membaca prihal bocah angon jeung lebak cawene,emangna aya naon jeung lebak cawene…
    Loba hutang nagara da bongan sorangan…
    Hubunganana naon utang ayeuna sareung lebak cawene..Emangna si bocah angon mantri kauangan dititah mayar utang Jaman kiwari…😁
    Da emang bener meun si bocah angon megang kunci leuwit Nagara Pakujajar hartana Sulaiman Dawuda…
    Lebak Cawene ayana di jati diri para Satria Deudeug Tanjeur Paku Jajar,…😂😂😂
    Lebak Cawene…
    Saha nu teu suka ka Cawene,…
    Da uing oge hoyong ka cawene mah komo deui geulisna nu teu kawanti wanti,geus geulis hartana oge eleh bank dunia mah euweuh saeutikna acan”…😂😂😂

  6. Salaamun alaikum…
    Izinkanku untuk mencelah, sekadar berbagi pendapatku..

    Adapun yang dimaksudkan lebak cawene itu memang benar ialah “lembah perawan”.. namun makna ini perlu ditelusuri lebih lagi supaya dapat difahami sebenarnya…

    Lembah perawan ini juga bermaksud “lembah suci”.. kerana memang perawan itu juga bermaksud suci.. Nah, sekarang satukanlah budaya nusantara yang merupakan asal jati diri kita supaya nanti kita tidak mudah lupa diri, dengan budaya arab shametik yang mana dari situ kita menerima ajakan Rasul terakhir yang mana itulah nanti akan menjadi titik tujuan sebenar untuk kita umat terakhir yang terpilih….
    Maka didalam bahasa Arab, yang disebut dengan lembah suci ini adalah “Muqoddathi Thuwa”… itulah yang berada juga di lembah sinai…

    Cuba perhatikan, dari pandangan langit maka lembah suci ini menyerupai bahagian suci wanita dengan perairan suez disebelah kiri dan perairan aqaba disebelah kanan yang amat mirip tiub falopio yang ada pada sebelah kiri dan kanan rahim…. disini juga berlalu peristiwa insan-insan pilihan Tuhan berulang-ulang dari awal waktu hinggalah ke akhir zaman….

    Sekarang, kalian selidikilah dan kaji yang selebihnya… kelak kalian akan mengerti rahsia-rahsia akhir zaman… ingat, jangan pernah dipisahkan nusantara dan arab shametik…. kelak kalian pasti menemuinya….

    Wallahu a’lam………..

  7. Lebak cawene muncul dalam cerita2 masyarakat adat Kasepuhan. Beberapa Kasepuhan (Pancer Mandiri) masih berpindah dalam rangka perjalanan menuju lebak cawene ini, yang katanya bila sudah sampai di sana maka kesejahteraan akan didapatkan oleh masyarakat tersebut. Menurut pendapat saya pribadi, lebak cawene merupakan sebuah kondisi kesejahteraan di dunia nyata/tidak nyata. Seperti Shangrila di mitos yang lainnya.

Tinggalkan komentar