Membuat Nasgor Tanpa Minyak Goreng

Namanya nasi goreng pasti harus digoreng, dan namanya digoreng pasti memerlukan minyak goreng. Terus, apa mungkin kita dapat membuat nasi goreng tanpa perlu minyak goreng? Menumis saja masih membutuhkan minyak goreng meskipun sedikit. Bisa saja anda berpikir memakai mentega atau margarine, tapi ini sama sekali tidak membutuhkan minyak goreng, mentega maupun margarine.

Menu rahasia ini sengaja saya bagi kepada anda sebagai inspirasi agar tidak menjadikan hidup menjadi sulit, dan melatih cara berpikir anda agar dapat berpikir lebih kreative lagi agar hidup anda tidak monoton. Yah… malah ngebahas masalah hidup, katanya mau ngebahas nasgor?….. Sabar dulu deh bro…🙂

Begini…

Pengalaman ini saya dapat ketika suatu malam saya harus pulang larut malam. Waktu itu perut saya sudah tidak tahan lagi menahan rasa lapar, maklum dari sore saya belum sempat makan malam. Dalam kondisi tubuh sudah mulai gemetar, saya langsung bergegas ke dapur, mengecek makanan apa saja yang masih ada. Saya lihat hanya ada nasi putih, tidak ada ikan, tidak ada telur, tidak ada tempe, bahkan tahu basi pun tidak ada. Saya cek lagi tempat bumbu, saya hanya melihat bawang merah, bawang putih, garam sama MSG (vetsin). Tanpa pikir panjang dan tidak mau merepotkan istri yang tengah pulas tertidur, saya langsung mengiris bawang merah dan bawang putih secukupnya.

Setelah saya beres mengiris bawang merah dan bawang putih, saya pun langsung meraih penggorengan yang tergantung di dinding dan langsung menyalakan kompor gas. Nah… di sini masalah mulai saya sadari, karena begitu saya cek tempat minyak goreng, tidak tersedia minyak goreng barang setetespun. Saya pun akhirnya termangu beberapa saat, kompor yang sudah saya nyalakan saya padamkan kembali.

Saya lihat jam sudah menunjukkan setengah dua dini hari. Dalam pikir saya, “mana ada warung di lingkungan saya yang masih buka jam segini?….”.

Sayapun lantas memutar otak, saya tidak mau acara membuat nasi goreng malam itu batal, karena perut saya sudah sangat lapar.  Sayapun kembali memeriksa tempat bumbu, dan saya melihat selain bawang merah dan putih, ada satu bungkus kemiri yang dari tadi tidak saya sadari keberadaannya. Layaknya teraliri tegangan 30.000 volt, pikiran saya sangat terang benderang. Langsung saja saya ambil kemiri 5 biji, dan langsung saya tumbuk dengan halus. Setelah halus, langsung saya nyalakan kompor kembali, dan memasukkan kemiri ke dalam penggorengan sampai panas. Dalam keadaan panas, kemiri yang sudah mengeluarkan minyak langsung saya campur dengan irisan bawang merah dan putih, dan tak lama berikutnya saya masukkan nasi putih, garam dan vetsin secukupna.

Aroma kemiri yang saya goreng bersama bawang merah, bawang putih bercampur nasi tidak saya sangka akan mengundang istri saya untuk bangun.

Nasi goreng kemiri pun sudah siap untuk disantap. Sebelum istri sempat mencicipi, saya coba sendiri, dan… waw… rasanya sungguh menakjubkan… !!! Saya pun lantas menyantap nasi goreng tersebut bersama istri.

Setelah kami selesai menyantap nasi goreng, istri saya pun baru bertanya: “lho… tadi goreng nasgor pake apa pah?… kan tidak ada minyak goreng?….” Saya hanya menimpali : “hmmm…. pake apa coba? gimana emang rasanya? enak nggak?” istri saya langsung menjawab : “rasanya sungguh lain dari biasanya pah… lebih enak gitu loh…”

Saya hanya tersenyum dan bergumam : “Papah gitu loh…. !!!”

Resep spesial dari : Husnul Yakin Ali

Posted on Mei 18, 2012, in 8. Lain-Lain. Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. trims bos! mau praktik nih.
    salam kenal

  2. Ayo praktekkan… Thx

  3. 5 Biji kemiri tuh nasinya seberapa ya gan????

  4. Ardi : saya coba untuk 1 – 2 piring😀

  5. Tips yang mantap bro…🙂
    Trims yaa…🙂

  6. Moal jadi Kerak Nasgor Bink??

  7. lah kok istri gak siapin makanan sblm.suami pulang sampai hanya ada nasi..ckckck

Tinggalkan Balasan

