Membongkar Hadits Perhitungan Kiamat

Sebetulnya ada begitu banyak hadits yang mengisyaratkan dan membahas tentang kiamat, dari tanda-tanda akan hadirnya seorang imam mahdi, dajjal, mengeringnya sungai Eufrat yang menyembulkan gunung emas, hingga perubahan arah rotasi bumi yang memberikan efek terbitnya matahari dari arah barat ke timur. Dari sekian banyaknya hadits yang membahas tentang pertanda kiamat tersebut, di sini saya ingin ikut memberikan sedikit andil dalam menyingkap hadits tentang itu.

Pada kesempatan ini, saya hanya ingin fokus terhadap salah satu hadits yang memberikan keterangan tentang jarak kiamat. Jarak kiamat tersebut diukur dari diturunkannya Rasulullah Muhammad SAW hingga hari kiamat tiba. Hadits tersebut adalah sebagai berikut:

Hadis riwayat Sahal bin Saad ra., ia berkata: Aku mendengar Nabi saw. bersabda sambil memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah: Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti ini (mengisyaratkan dekatnya waktu kiamat). (Shahih Muslim No.5244)

Hadis riwayat Anas bin Malik ra., ia berkata:  Rasulullah saw. bersabda: Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti jarak antara kedua jari ini. (Shahih Muslim No.5245)

Sekarang kita mulai pembahasannya.

Dari hadits di atas, sangat jelas bahwa Rasul membuat perbandingan jarak kiamat menggunakan jari-jarinya, dalam hal ini jari telunjuk dan jari tengah. Dapat kita bayangkan, ketika kita mengangkat jari telunjuk dan jari tengah, akan terbayang jarak dari ujung-ujung kedua jari tersebut yang begitu dekat. Lalu, kenapa kita bisa menyebut dekat jarak dari ujung-ujung jari itu? Itu karena kita-pun sebetulnya secara tidak sadar dapat melihat panjangnya jarak antara pangkal jari ke ujungnya. Perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar di atas merupakan gambar jari yang diperbandingkan dengan ukuran baku (mistar).

Dari gambar tersebut sekarang sangat jelas, kita dapat mengakatan begitu dekatnya ujung jari telunjuk dan jari tengah, karena kita mendapatkan pembanding jauhnya jarak antara ujung jari ke pangkalnya. Dalam hal ini, jika kita amati panjang jari telunjuk adalah 7 cm, sedangkan panjang jari tengah adalah 8 cm, sehingga kita bisa mengukur dekatnya ujung-ujung jari tersebut yang berkisar antara 1 cm.  Sekali lagi, kita bisa mengatakan dekat karena kita mempunyai pembanding titik terjauhnya.

Sekarang kita kembali kepada pokok pembahasan.

Jika Rasul ketika itu mengatakan bahwa : “Waktu aku diutus (menjadi rasul) dan waktu hari kiamat adalah seperti jarak antara kedua jari ini”, maka saya mendapatkan bahwa pada jaman Rasul itu dapat diasumsikan sebagai ujung jari telunjuk, sedangkan ujung jari tengah sebagai apa yang dinamakan dengan kiamat. Sementara pangkal jari merupakan awal peradaban dan diutusnya rasul yang pertama.

Dengan asumsi dimaksud, saya mendapatkan rumus perhitungan sebagai berikut :

Dengan :

AP = Awal peradaban manusia
PTl = Panjang jari telunjuk
PTg = Panjang jari tengah
TS = Tahun sekarang
KM = Tahun Kerasulan Muhammad
Delta MK = Selisih Masa Kerasulan Muhammad dengan Tahun Sekarang

Yang jadi permasalahan adalah bagaimana kita bisa menentukan titik pangkal dimulainya peradaban manusia?

Jika kita mempelajari fosil-fosil berbagai jenis manusia yang ditemukan saat ini, maka akan sulit sekali menentukan siapa atau manusia jenis apa yang menjadi nenek moyang manusia modern saat ini, apalagi hal ini diperumit dengan teori bahwa jenis-jenis manusia yang pernah ada tersebut pernah saling kawin (manusia neanderthal kawin  dengan homo sapiens). Kenapa lantas ini menjadi perlu diurai? ini perlu guna menetapkan manusia jenis apa yang akan dijadikan patokan awal peradaban manusia saat ini.

Jika kita menyepakati bahwa manusia jenis Homo Sapiens yang akan dijadikan patokan awal peradaban manusia sekarang, maka kita akan mendapatkan Tahun 170 ribu tahun SM (berdasarkan fosil homo sapiens tertua yang pernah ditemukan). Sumber : http://vanrieta.blog.esaunggul.ac.id/2011/02/26/urutan-peradaban-manusia/

Sebagai contoh, kita memakai data perhitungan sebagai berikut :

AP = 170 ribu tahun SM + 2012 = 172012 Tahun
Delta MK = 2012 –  579 = 1433
PTl = 7 satuan
PTg = 8 satuan

Dari hasil perhitungan rumus di atas, jika memang disepakati bahwa awal peradaban manusia saat ini adalah manusia homosapiens, maka kiamat akan terjadi kira-kira 24.368 tahun ke depan.

Dengan perhitungan diatas, maka kiamat akan terjadi pada

TAHUN 26.380 M

Apakah akan terjadi demikian?

Wallahu a’lam bishowab

Oleh : Husnul Yakin Ali

24.368

Posted on Maret 8, 2012, in 8. Lain-Lain. Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Untuk tinjauan sains mengenai kiamat yang mungkin menimpa semesta, bisa ikuti tulisan berikut:

    Anatomi Kiamat

  2. Judhianto : terima kasih untuk tambahan pengetahuannya

  3. Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” ( Al A’raaf : 187 )

  4. seberapa hebat pun manusia memprediksi hari kiamat itu melalui fisika atau matematika semua hanya menjadi perdebatan tiada ujung. yang jelas hari kiamat itu sebentar lagi,,,, perbanyak istigfar dan ibadah…. kita manusia hanya di beri tahu tanda tandanya saja………….! sekedar saran.

  5. ahahaha, kiamat ntuh manusia dan makhluk2 ciptaan Allah kagak ada tau kpn dtngnya. contoh simplenya mati (kiamat kecil) apa bisa di pasti in kpn dtngnya?
    Mending main psikologis gini aja deh, anggap aja kiamat ntuh terjadi besok atau ntar setengah hari lagi. biar kita2 pada hati2😉

  6. Ente pikir kiamat itu bisa diprediksi pake rumus yg bgtuan,,salah besar

  7. Jika antum mempercayai adanya homo sapiens dan sejenisnya, berarti antum tidak percaya adanya Nabi Adam AS.

  8. Sangat di mungkinkan, sebab masih bnyk perkabaran Alquran yg blm terlaksana kejadiannya. Sehingga angka diatas cukup masuk akal. Masih butuh bertahun-tahun kehidupan ini menunjukan kebenaran2Nya.

  9. sesungguhnya kiamat hanya allah yang tahu, rasul dan para sahabatnya tidak tahu, begitu juga dengan malaikat-malaikat utusan allah dan iblis juga tidak tahu.

    banyak ulama mengatakan jika masih banyak umat manusia yang memanggil nama allah, maka kiamat tidak akan pernah terjadi.

    wallahu a’lam
    hanya allah yang mengetahui semua itu

  10. wah wah wah,ngelantur, kayaknya otaknya udah kena virus si darwin yg mukanya kayak kera,

  11. wah wah wah,ngelantur, kayaknya otaknya udah kena virus si darwin yg mukanya kayak kera,bob bob bob nob hadeuh,,,cape

  12. Orang gila yang membuat web kayak gini kiamat tidak bisa di tentukan

  13. Sayang… saudara tidak paham kalimat penutupnya; “wallahu a’lam bishowab”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: