Hindarilah Penjiplakan Karya Tulis

Era globaliasai informasi dewasa ini dirasa sangat pesat pertumbuhan dan perkembangannya, terlebih bagi Anda yang gandrung akan dunia internet, informasi tidak lagi menjadi monopoli segelintir media, semacam media cetak maupun elektronik yang sudah mempunyai nama dan berpengalaman dalam menyajikan informasi maupun berita. Disamping itu, penerbitan karya-karya tulis juga tidak lagi menjadi monopli para penerbit dan percetakan, karena dengan semakin mengglobalnya perkembangan internet, semua lapisan masyarakat berkesempatan untuk secara mandiri ikut andil dalam memperkaya informasi lewat karya tulis, video, gambar, maupun informasi dalam bentuk lainnya yang dapat ditampilkan melalui media internet.

Seperti tulisan yang dapat anda baca saat ini, ini merupakan andil saya dalam memperkaya informasi di dunia internet dengan memanfaatkan fasilitas blogging, tanpa saya harus repot dalam mengurus surat ijin pendirian media, menghubungi penerbit ataupun percetakan sekalipun. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit skill dan kemauan untuk saling berbagi melalui karya tulis, poto, maupun video.

Dengan banyaknya para blogger yang meramaikan dunia blogging, tentu akan banyak pula karya-karya tulis, poto maupun video yang dapat dijadikan sumber atau referensi untuk selanjutnya diolah menjadi bentuk informasi lain oleh si pengguna/pembaca. Namun terkadang, sulit sekali bagi kita mengontrol perilaku setiap individu yang menggunakan atau memanfaatkan informasi yang diperolehnya dalam dunia internet, apakah mereka mengolah kembali secara mandiri hasil informasi yang didapat dari berbagai sumber di internet, atau mereka langsung pake informasi yang ada tanpa merubah dan mengolahnya lebih lanjut sehingga masuk dalam kategori penjiplakan? atau istilah gaulnya adalah “copas” (copy paste).

Jika anda sudah familier dengan dunia internet, sebetulnya tidaklah terlalu sulit untuk mengetahui apakah seseorang telah menjiplak sebuah karya tulis atau tidak, kita hanya perlu memasukkan atau mengcopy paset atau mengetik sebagian kalimat yang ada dalam karya tulis orang yang ingin kita ketahui keoriginalan karyanya pada mesin pencari di internet (google, yahoo, bing, dll), dan hanya dalam waktu beberapa detik, anda akan mendapatkan kalimat-kalimat yang berhubungan dengan karya tulis dimaksud. Selanjutnya, anda tinggal sedikit menggunakan intelegensi anda dan mengkaji topik-topik yang muncul pada mesin pencari, jika anda mendapatkan kalimat yang persis sama atau minimalnya hanya berbeda beberapa huruf dan kata antara karya tulis dan hasil mesin pencari, dapat dipastikan bahwa karya tulis dimaksud kemungkinan besar hasil dari jiplakan dari sumber lain.

Hal yang sulit untuk mengetahui apakah karya seseorang hasil saduran atau penjiplakan dari karya tulis yang sudah ada sebelumnya atau memang sebuah karya tulis original dirinya, adalah jika sumber yang dijadikan referensi tidak terdapat dalam internet (diambil dari buku, majalah, koran, dll) dan tidak mempunyai resensi di internet, dan anda sendiri bukanlah seorang kutu buku yang sedikit banyaknya tahu karya-karya tulis yang pernah anda baca. Oleh karenanya, menurut saya pribadi, hal untuk menghindari penjiplakan adalah dengan kita memposting karya tulis kita di internet, sehingga publik lebih tahu mana karya original mana karya hasil jiplakan (saduran). Hal ini tentunya bukan berarti serta merta mencegah niat seseorang untuk menjiplak karya orang lain, namun setidaknya kita akan mengetahui siapa saja yang menjiplak hasil karya kita, dan jika karya anda memiliki hak cipta, tentunya anda dapat mengajukan gugatan atas karya yang dijiplak oleh orang lain.

Lantas? biasakanlah untuk mencantumkan sumber karya tulis jika anda terpaksa harus menjiplak, supaya anda tidak dicap sebagai seorang plagiator.

Oleh : Husnul Yakin Ali

Posted on Januari 30, 2012, in 8. Lain-Lain. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: