Tak Ada Tuhan Sebelum Tercipta Makhluk

Apa-apaan ini? sejak kapan saya mengingkari keberadaan Tuhan? makhluk durhaka macam apa saya ini? apakah saya sudah menjadi-jadi dalam menuhankan akal sehingga begitu berani mengingkari keberadaan Tuhan? Bukankah Dia Maha Awal dan Dia Maha Akhir?

Di sini sebetulnya saya ingin mengajak Anda sekalian umat muslim untuk tidak tergesa-gesa dalam melihat permasalahan sehingga tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, yang akhirnya kita tidak cerdas dan jernih dalam menilai segala sesuatu berdasarkan perspektif semu, dan mengajak anda supaya menjadi insan yang tidak tempramental dan tidak gampangan menuduh seseorang kafir atau tersesat, karena tebal atau tipisnya iman seseorang tidak dinilai dari seberapa banyak ia mengkafirkan atau menuduh kafir seseorang tanpa sebuah fakta yang kuat.

Saya katakan bahwa “tidak ada Tuhan sebelum tercipta makhluk”, karena Tuhan hanyalah istilah, Tuhan hanya ungkapan yang diucapkan seorang hamba kepada sesuatu yang dianggapnya Maha, Maha Mencipta, Maha Awal, Maha Akhir, Maha Kuasa, dan Maha-Maha lainnya. Kalau seandainya tidak ada makhluk, atau katakanlah Tuhan tidak pernah menciptakan makhluk apapun di semesta ini, lantas, siapa yang akan memanggil-Nya Tuhan? Siapa? Sangat tidak logis jika Tuhan memanggil dirinya sendiri Tuhan.

Terus dengan begitu? Ya dengan begitu Tuhan tidak pernah ada sebelum tercipta makhluk, yang ada hanyalah Dzat-Nya yang Maha Ada. Sekali lagi supaya anda tidak tersesat, yang ada hanyalah Dzat-Nya yang Maha Ada dan kekal selamanya, tidak pernah bergantung kepada sesuatu Dzat apapun. Dialah Dzat yang Kekal,  Maha Awal dan Maha Akhir.

Wallahu a’lam bishowab

Oleh : Husnul Yakin Ali

Posted on November 12, 2011, in 4. Pilsafat. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Subhanallah atas buh pemikiran anda sangat baik untuk diterima

  2. hahahahaha…..
    da2 z ne nak ea..
    saya kurang yakin ma kata2 kek gne.
    bkan kah tuhan emg dah da sblom da nya makluk..
    klaw kata2 kek gto brarti sma dgn manusia doong.
    tidak ada ayah sblom ada anak.
    tp allah tdak bleh d sma kan dgn manusia.

  3. benar, memang tidak ada tuhan sebelum ada manusia, tuhan pun hanya ada di indonesia. di arab tidak ada tuhan, adanya allah. ini hanyalah permainan kata2. akan tetapi sangat disayangkan orang sekaliber mas husnul membahas masalah ini. hanya memancing kericuhan pada sesama yang belum faham.

  4. ya…yang ada adalah Dzat-Nya yang kekal dan abadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: