Sujud Penegak Tiang Agama 1

Mi’raj adalah sebuah peristiwa besar sejarah umat manusia yang dialami oleh Rasululah SAW, karena dalam peristiwa ini begitu banyak kandungan hikmah dan pelajaran yang dapat diambil bagi orang-orang berpikir, dari mulai teknologi sampai masalah ketauhidan.
Pada tulisan ini saya ingin mengupas kembali peristiwa mi’raj dalam sudut pandang berbeda, yakni dari sudut pandang inti dari peristiwa mi’raj itu sendiri, yaitu diterimanya perintah sholat oleh Rasulullah SAW langsung dari Allah Swt.
Sebelumnya saya ajak Anda untuk berpikir dalam kerangka pikir :
  1. Kenapa perintah sholat diberikan dalam peristiwa mi’raj?
  2. Kenapa pula sholat disebutkan sebagai tiang agama?
  3. Dan sholat yang bagaimana yang dapat menegakkan agama?
Dalam tulisan ini, saya tidak akan membahas point per point secara khusus, melainkan akan membuat sebuah resume yang mudah2an bisa untuk menjadikan jawaban kerangka pikir di atas.
Mi’raj adalah peristiwa Rasulullah naik dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha, dimana disebutkan bahwa sidratul muntaha dimaksud ada pada langit ke-7 di semesta raya ini. Untuk dapat membayangkan bagaimana luasnya semesta ini, anda dapat mencermatinya disini.
Sebelum saya lanjutkan, coba anda pikirkan, kenapa perintah sholat diberikan dengan harus melewati seluruh lapisan langit di semesta ini?
Sepenelaahan saya, sholat adalah suatu bentuk komunikasi langsung antara seorang hamba dengan Penciptanya, dan dari hasil komunikasi tersebut diharapkan dapat membawa kemaslahatan bagi sesama atau singkatnya dapat menjadi rahmatan lil’alamin, karena apalah arti dari sholat jika tidak membawa kemaslahatan, sehingga dimana fungsi sholat sebagai tiang agama jika tidak menjadi rahmatan lil ‘alamin.
Dalam sholat, ada sebuah gerakan pokok, dimana gerakan tersebut merupakan bentuk langsung penyerahan diri seorang hamba kepada Sang Pencipta. Gerakan tersebut adalah gerakan “Sujud”. Lantas dengan demikian apakah gerakan-gerakan sholat yang lainnya menjadi tidak penting? Saya katakan gerakan yang lainnya adalah gerakan pendukung, atau dengan kata lain gerakan penghantar untuk gerakan sujud, namun tetap sama pentingnya. Di sini saya akan istilahkan gerakan-gerakan yang lainnya adalah sebagai bentuk pemanasan untuk menuju kepada gerakan pokok. Kenapa saya sebut gerakan sujud adalah gerakan pokok sementara gerakan lainnya adalah gerakan pendukung?
Menurut penelitian, bahwa gerakan sujud adalah sebuah gerakan yang luar biasa fantastis, karena dengan gerakan inilah darah bisa mengalir ke otak sehingga otak menjadi bertambah kecerdasannya. Bisa lancarnya aliran darah ke otak, itu karena adanya gerakan-gerakan pendukung tadi yang saya sebut sebagi gerakan pemanasan. Di sini silahkan kita bertanya pada diri sendiri, apa yang ingin Allah kehendaki dari makhluknya bernama manusia untuk bersujud dalam sholat? sementara gerakan sholat salah satu fungsinya adalah untuk mencerdaskan otak?
Dari sini saya telah membawa anda pada salah satu hikmah sholat, yakni untuk mencerdaskan otak. Sekarang silahkan bertanya kembali pada diri masing-masing, apakah Anda sudah bisa tercerdaskan dengan memperbanyak sholat? Ini kenapa saya lempar pertanyaan kepada Anda? karena saya akan bawa Anda pada inti dari hikmah sholat yang paling hakiki (Insya Allah)
Oke, jika Anda sudah renungkan hikmah sholat di atas, silahkan Anda lanjutkan baca tulisan ini, jika belum, silahkan ulangi dari awal, dan jika belum ketemu juga, lebih baik anda tutup tulisan ini. Anda yang ingin melanjutkan, silahkan klik disini Wallahu a’lam bishowab

Oleh : Husnul Yakin Ali

Posted on November 11, 2011, in 4. Pilsafat. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: