Konsep Ruang Waktu Part 3

Cobalah kita merenung sejenak untuk mentafakuri ciptaan Sang Maha Kuasa!

Tahukah Anda? Bahwa dikala malam terang benderang, langit tak tertutup awan, dapatlah kita pandang cahaya bintang bertaburan nan indah menghiasi jagad raya. Menurut para ahli, bahwa rasi bintang yang terdekat dengan matahari dinamakan dengan Alfa Centauri. Jarak bintang ini ke sistem tata surya kita adalah 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Artinya? Jika kita berkesempatan melihat rasi bintang ini, maka kita sedang melihat cahaya bintang Alfa Centauri pada masa 4,2 sampai 4,4 tahun yang telah lampau. Menurut konstanta Einstein, bahwa kecepatan cahaya adalah 3x10p8 m/s. Jadi kalau kita membuat perhitungan, bahwa 4,4 tahun cahaya = 60 detik x 60 menit x 24 jam x 365 hari x 4,4 tahun x 3 x 10p8 m/s. (p = pangkat) Jadi jarak antara rasi bintang Alfa Centauri ke sistem tata surya kita adalah 39.398.400.000.000.000 m, atau 39.398.400.000.000 km.

Bilamanakah kita dapat dikatakan menembus ruang dan waktu?

Seandainya kita dapat mencapai Rasi Bintang Alfa Centauri dengan kecepatan 3 kali lipat kecepatan cahaya, maka kita akan mendapati 1,4 tahun lebih cepat ke masa lalu bintang terebut. Masih dengan kecepatan tersebut, seandainya sesampainya kita ke rasi bintang Alfa Centauri kita dapat memancarkan cahaya lebih kuat atau sebanding dengan cahaya di rasi bintang tersebut dan segera kembali lagi ke bumi dengan kecepatan yang sama, maka kita baru bisa mendapati cahaya yang kita pancarkan pada 1,4 tahun ke depan yang dapat kita lihat di bumi dengan mata kepala kita sendiri. Jadi dengan kecepatan tersebut kita telah dapat menembus masa lalu rasi bintang Alfa Centauri yang berjarak 39.398.400.000.000 km dari sistem tata surya kita. Dengan peristiwa tersebut pula sebenarnya ketika kita kembali ke bumi (masa kini) maka kita telah mengetahui (menembus) masa depan rasi bintang Alfa Centauri untuk 1,4 tahun ke depan, yakni, bahwa 1,4 tahun yang akan datang, kita sudah mengetahui bahwa kita akan dapat melihat cahaya yang telah kita pancarkan di rasi bintang Alfa Centauri 1,4 tahun yang lalu. Itulah yang saya sebut bahwa masa lalu, masa kini dan masa depan adalah paralel.

Dapatkah kita menembus masa lalu kita dalam kondisi ruang yang sama (jarak yang tetap)?

Dengan logika peristiwa di atas saya katakan tidak! Sebab jika kita bermimpi dapat menembus masa lalu kita dan berharap dapat menjumpai diri kita di masa lalu tersebut terlebih mempengaruhi masa lalu kita dan berharap ada perubahan di masa depan kita itu adalah hal yang mustahil, karena masa lalu kita, masa saat ini, dan masa depan kita terpisahkan oleh ruang (jarak) sebagai akibat dari pergerakan waktu yang tak akan menjumpai nilai minus.

Dari persamaan Einstein sendiri tidak akan pernah dapat dicapai nilai minus untuk waktu!

Posted on Maret 27, 2010, in 5. Sains and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. setelah saya baca konsepnya terlihat masuk akal dan logika…akan tetapi orang itu setelah sampai bumi…bagaimana kalau ternyata umur bumi sendiri..sudah lebih tua..puluhan atau ratusan tahun lebih tua sehingga kita tidak dapat melihat lagi cahaya kita sendiri sesuai konsep diatas….apalagi menceritakan pada teman kita….padahal kita hanya bergerak 3 kali kecepatan cahaya…sedangkan nabi muhamad…mungkin bergerak ratusan bahkan ribuan kali kecepatan cahaya….dan kembali ke bumi…pada jaman yang sama….hanya satu malam….kuranag dari 12 jam….kalau mengikuti konsep diatas….seharusnya nabi kembali bukan pada jamannya….karena beliau…miraj….sejauh milyaran tahun cahaya[Wallahu alam]..bumi…arras[langit ke 7]..bumi.tetapi Alllah….BERKEHENDAK…..nabi kembali pada jaman yang sama…

  1. Ping-balik: Konsep Ruang Waktu Part 4 « Husnul Yakin Ali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: