Dewasakanlah RTSM

Dalam Program Keluarga Harapan (PKH) istilah RTSM bukan lagi istilah yang asing, karena RTSM sendiri erat kaitannya dengan penerima bantuan PKH. RTSM adalah Rumah Tangga Sangat Miskin, istilah tersebut lebih dispesifikan kepada rumah tangga sangat miskin yang menerima bantuan PKH.

Salah satu tugas pendamping adalah mendampingi RTSM untuk dapat merubah derajat kehidupannya dengan terus memantau perkembangan pendidikan dan kesehatan anak-anak RTSM dimaksud. Sementara PKH sendiri mempunyai tujuan memutus rantai kemiskinan dengan cara meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan RTSM.

Pada kenyataannya di lapangan, tak jarang saya selaku pendamping PKH menjumpai sikap manja dari RTSM, hal tersebut sangat saya maklumi, karena mungkin juga dengan kemanjaannya mereka merasa dekat dan begitu melekatnya pendamping di hati mereka. Terlepas dari hal itu semua, kita semua harus mengingatkan kepada RTSM, bahwa mereka jangan terlena dan bersikap manja-manjaan akibat diberi bantuan PKH, sebab tujuan pemberian bantuan PKH bukan untuk memanjakan mereka (RTSM), melainkan membantu mereka (RTSM) untuk dapat bersikap mandiri dalam meningkatkan derajat hidup mereka.

Posted on Agustus 13, 2009, in 2. Sosial & Ekonomi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: