Rakor Pendamping PKH Tahun 2009

pkh1Sejak diluncurkannya Program Keluarga Harapan (PKH) pada Tahun 2007, program ini tidak lepas dari berbagai masalah yang dihadapi. Wajar saja memang, karena program ini diklaim sebagai program ujicoba di Indonesia untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan dan kesehatan.
PKH merupakan Program Bantuan Tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang mewajibkan kepada para penerimanya untuk memenuhi syarat dan ketentuan dalam pemenuhan kesehatan dan pendidikan anggota keluarganya.
Pada pelaksanaannya di lapangan, para pendamping PKH menemukan berbagai kendala dan permasalahan, sehingga tak ayal program ini sempat menimbulkan riak-riak kecil reaksi di berbagai lapisan masyarakat. Namun berkat kegigihan para pendamping dan kemampuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, Program ini berhasil menempatkan dirinya menjadi Program yang berbeda dengan Program Bantuan Tunai lainnya seperti BLT (Bantuan Langsung Tunai). Namun demikian, bukan berarti semua permasalahan selesai, masih ada setumpuk permasalahan yang perlu mendapatkan kesamaan persepsi, pemahaman, komitmen dan kebulatan tekad dari berbagai pihak yang terlibat dalam program PKH, utamanya adalah para Pendamping yang berhadapan langsung sekaligus sebagai ujung tombak PKH di lapangan.
Dengan latar belakang itulah nampaknya tidak berlebihan pula jika digelar acara Rapat Koordinasi Pendamping PKH yang dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 24 Maret 2009.
Rakor ini sendiri dilaksanakan di Jakarta International Expo yang diikuti oleh sekitar 2.629 orang pendamping dan 426 operator PKH tahun 2007 dan 2008, perwakilan dari 13 provinsi dan 70 Kabupaten pelaksana PKH. Menurut rencana, acara ini akan dibuka oleh Menko Kesra Aburizal Bakrie.
Kegiatan Rakor yang dilaksanakan kurang lebih 4 hari tersebut diantaranya diisi dengan kegiatan Seminar Motivasi oleh Bapak Andrei Wongso, Diskusi kelompok, serta Talkshow dengan narasumber Mentri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan Nasional, Kepala Bappenas dan Kepala BPS, dengan dipandu oleh moderator kawakan Rahma Sarita.
Tidak berlebihan jika semua pendamping dan operator PKH berharap bahwa dengan acara ini dapat dijadikan ajang tukar pikiran, berbagi pengalaman serta menyatukan gerak langkah mendapatkan solusi dalam penyelesaian masalah-masalah di lapangan agar PKH dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Amin.

Posted on Maret 22, 2009, in 2. Sosial & Ekonomi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. Ana kasih applause untuk anda yang sempat expose acara itu. saya adalah salah satu dari 2.629 orang yang duduk di deretan kuri “para pendamping” pkh

  2. saya bangga menjadi pejuang kemanusian tetapi disisi lain kita perlu merapatkan barisan di semua lini para pihak terkait karena 3 lini sektor yang perlu lebih di perkuat yakni di yankes , yandik dan BPS lanjutkan perjuangan LUAR BIASA
    DESOS

  3. DEPSOS..?
    Luar Biasaaa…!!
    Apa kabar teman2 Pendamping di seluruh Indonesia? Sy berharap tetap Semangat ya.. memperjuangkan nasib rakyat miskin.. Dan kita berharap pihak PENDIDIKAN dan KESEHATAN semakin memberi dukungan, shg PKH ini sukses.

    Salam..
    Pendamping kab.NIAS,
    kec.MANDREHE.

  4. wawan bondowoso

    saya juga hadir disana mas husnul, harapan nya mudah-mudahan rakornas kemaren ada manfaatnya untuk masyarakat dampingan kita dan kita semua tidak menjadi RTSM setelah 2015, amiin

  5. @wawan bondowoso
    Pengen cepet2 jadi PNS mas? heheh. Tetep optimis dong. jadi pendamping PKH/PNS kan jalan hidup yang perlu diperjuangkan dengan senyum…

    Salam dari Pendamping PKH Kabupaten Mojokerto
    blog non-official PKH Kabupaten Mojokerto

  6. Ayo-ayo kita tunjukkan peran pendamping dalam PKH, biar smua tahu ini bukan sembarang BLT!
    PKH…..Lanjutkan!!!

    Salam dari Pendamping PKH Kabupaten Majalengka

  7. rrhakim
    meskipun bukan pns asal kontrak diperpanjang atao ada program laen untk kita para pekerja sosial professional kan gitu to mas….

  8. slamat utk mojokerja yang pns duluan

  9. ayo yang belum crita pengalaman rakor 2009 kemarin segera gabung!!!

  10. mas Husnul,gmn dah ada kbr dr pmbntukan asosiasi kmaren?

  11. Ayo temen-temen…. mari kita cb kunjungi rumah kita yang barusan aja diciptain oleh sohib dari Mojokerto
    http://pkh.ownbb.com/

    HORAS….
    Kec, Gempol Pasuruan udah jd the second Member…
    yang lain kapan?????

  12. Wah program PKH memang hebat karena 1. Mengentas rakyat miskin 2. Mengentas Pengangguran 3. Kapan para pendamping jadi PNS

  13. tgl 20 kmaren sy ikut seleksi penerimaan pendamping PKH, saya ingin tanya, hsil seleksinya murni hasil tes ngga ya ? sy takut ada KKN.

  14. saya dari jatiwangi majalengka.

  15. ko ga ada yg jawab pertanyaan sy ??????/

  16. Salam Perjuangan untuk rekan-rekan pendamping PKH se Indonesia. Setelah pilpres nanti semoga Indonesia Semakin jaya

  17. Emg g mudah, dlu prtma kali kerja pendamping cm dbekali teknik singkat slm seminggu, dan skeping cd. Tp hello ini urusanny dg daerah miskin dan trpencil, bhkan vcd player pun g ada. Dan akses qta sbg pndamping ke pusat hny dg sekelompok operator yg ktika trjd kontroversi dg munculny pkh, operator cm bs brsembunyi di balik layar lcd monitor. Sekr mlah kdg operator ksh petnjuk dan perintah seolah2 pndamping adlah bawahannya.
    Dan bgmn juga status pndamping yg bkerja tnpa surat kontrak dan kejelasan status.
    Ujung tombak yg malang sdg tali utk mengikat pda batang tombak pun srg kali lupa utk dirapatkan kembali.

  18. Saya butuh informasi buat saudara/i pekerja sosial(PKH) pada akhir bulan Mei yang lalu DINSOS Kab. NIas menyelenggarakan penyaringan calon PKH baru untuk kecamatan Ulugawo dan Lahewa Timur, pada saat itu kami yang mengikuti Test sebanyak 64 Orang, dan lulus test tertulis 19 Orang dan saya yakin itu lulus murni,karena kami langsung menunggu hasilnya.dan yang 19 orang kami langsung mengikuti test Wawancara dan hasilnya kami tunggu katanya kurang lebih satu bulan kedepan. dan akhirnya tunggu demi tunggu sampai sekarang tidak ada pengumuman resmi dari DINSOS Nias terakhir kami dengar bahwa sudah ada pemanggilan secara tertutup dengan menghubungi calon PKH melalui HP. yang menjadi pertanyaan kami, kenapa pengumumannya secara tertutup yang seakan-akan ada permainan orang dalam.
    pada saat test itu dilakukan ada datang dari jakarta 3 orang,yang salah satunya putra Nias yaitu Bp.Tema Zebua pada saat perkenalan saat itu dia salah satu koordinator Program PKH SUMUT dan Jawa Barat, tujuan kami kalau ada kawan2 yang mengetahui alamat lengkap Bapak ini atau NO.Telepon/ HP nya, agar kami dapat berkomunikasi dengan beliau,kami hanya bermasud menanyakan secara langsung kebenaran dari pengumuman itu, kami berpikir bahwa bukan kekalahan kami yang kami tuntut tapi hanyalah Transpransi dari DINSOS Kab.Nias.
    terimakasih kapada saudara/i yang dapat berkenan membantu kami mendapatkan Informasinya. Yaahowu!!…Horas…..

  19. Salam Kenal buat Pendamping se Indonesia
    Sya pendamping PKH dr Kec. Wonorejo Kab. Pasuruan Jatim
    Buat tmen qt Sabar mendrofa sudah menjadi rahasia umum kalo perekrutan hrus ada chanel kalo ga susah bgt biat lolos meski ada bbrp temen qt yg benar2 murni.
    Buat temen2 yg lain apa ada info perekrutan pendamping di cilegon?kalo ga apa qt bs pindah ke wilayah yg baru?
    Trims’ atas perhatian n infonya
    Salam perjuangan

  20. Met berpuasa bagi yang menjalankan ………..
    Kang Husnul kalo di pusat teh kelembagaan untuk berhimpun namanya apa, Asosiasi Peksos PKH atau Forum Komunikasi Peksos PKH atau apa …. Minta AD ART nya juga, kirim ke erwan_sukabumi@yahoo.co.id

  21. pkh di kabupaten lamongan berjalan dengan baik..bravo pendamping

  22. selamt2 aja ya buat pendamping pkh

  23. benarkah pendamping pkh diangkat jd pns?

  24. bener mas pendamping akan diangkat jadi PNS = Pekerja nasional sementara

  25. kapan turun sk pnsnya pendamping

  26. Sangat tidak mungkin pendamping & Operator PKH diangkat jadi PNS(mimpi disiang bolong bgt awas asal jgn ada gledek aja), lah sekarang kesejahteraan pahlawan kemiskinan aja tidak pernah di perhatikan sama sekali apalagi kelanjutannya, jangan terlalu berharap & berkhayal yg tidak mungkin terjadi lihat saja realitanya. Hidup itu yg penting kenyataan bukan hanya omongan manis(ketipeng trus dong kalo gitu mah…). Oya saya mo jawab comment mas buddy taufan…memang bukan rahasia lg kalo beberapa Operator & pendamping itu titipan orang2 dinsos pokoknya nepotisme abizzz contohnya perekrutan untuk operator PKH saja pake acara rekomendasi karena dari seseorang itu lulusan dari universitas kesejahteraan sosial,,,ya jelas didahulukan dong tp mesti inget dia punya utang jasa ya jd kudu tahu diri nantinya dia tetep bayar pake duit ke calonya krn orang itu sudah lulus (mau nganjuk atau tunai kek yg penting bayar)!!! itu kenyataannya bukan rahasia lg…bahkan sebelum ujian PKH sesorang itu sudah dapat lembar soal plus jawabannya tinggal di apalin di rumah..ya lulus dong kalo gitu mana udah plus di rekomendasikan dgn orang dinas jd baik-baik aja hasilnya , kasihan nih program didisi dgn orang2 munafik seperti itu..pantes aja sering banyak masalah baik di operatornya maupun di pendampingnya. kasihan banget nih negara isinya cuma orang2 tidak punya malu.

  27. BUAT-TEMAN TEMAN PENDAMPING PKH DI SELURUH INDONESIA PERNAHKAH TERPIKIR OLEH KITA UNTUK MEMBUAT REKOMENDASI BUAT BAPAK MENTERI SOSIAL SEKARANG TENTANG PETUGAS PENDAMPING LAPANGAN ?

  28. Knp gaji qta telat yaa..??apa mmng sperti it..kta na november 2010 ini akan ada Rakornas d Jakarta ato Bali?masa iya seh,PKH d angkt jd PNS?

  29. D jawab via facebook jg bole,ini email saya
    diajenk_shyca@yahoo.com

  30. syalam PKH…antusiasme pendamping agar mewujudkan PKH pada thn 2015 sangatlah besar apalagi ada isu yang berkembang bahwa setelah pendampingan 5 thn akan dimasukan dalam database tenaga kontrak untuk diangkat jadi PNS oleh karena itu rapatkan barisan demi tujuan mulia PKH dan Masa depan pendang,operator….yel yel PKH dari Soe TTS-NTT

  31. aslmlkum , saia mao tanya ..
    saia sedang menyusun proposal penelitian tentang PKH , dan udah mendapat bahan-bahan nya . namun saia gak dapat info tentang dasar hukum pelaksanaan PKH ini . kan PKH di mulai nya tahun 2007 tuh . waktu itu baru pada tahap uji coba . kalo boleh tanya , apa ya landasan hukum nya ? . kalo ada landasan nya ampe yang terkecil . misal nya keputusan menteri ..
    terima kasih

  32. assalam,,,ma,af pak saya ingin bertanya,,, “gimana massa depannya pendamping pkh angkatan tahun 2008 ???? mohon di malas,,atau hubungi no ini 085253411619

  33. ASS Saya mau nanya………kalou pendamping pkh itu kerjanya 1 minggu itu brapa hari? dan apkh bisa sambil meneruskan kuliah kelas karyawan terimakasih?mhon bls ke no 085795602844

  34. Gan mau tanya, kalau seandainya jadi operator PKH apa bisa sambil kuliah ?
    Soalnya saya sudah terlanjur masuk kuliah jenjang s2 ternyata saya keterima jadi operator PKH.
    Mohon informasinya gan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: