Start blogging with wordpress

my-profilePernahkah Anda memimpikan mempunyai halaman web di sebuah internet seperti halaman yang tengah anda simak saat ini? Jika ya, Anda sangat tepat berkunjung ke situs ini, karena Anda akan mendapatkan cara bagaimana membuat halaman web di internet, tanpa harus mempunyai pengetahuan tentang bahasa pemrograman yang sangat memusingkan, bahkan andapun tidak harus membayar jasa penyedia hostingan halaman web kita, alias gratis.

Salah satu situs yang menyediakan jasa tersebut adalah wordpress. Dengannya kita bebas berekspresi menumpahkan kreatifitas kita lewat tulisan dan foto. Situs yang kita buat di wordpress dinamakan dengan web blog atau weblog atau juga cukup disebut dengan blog.

Blog adalah sebuah situs yang menempel pada situs lain. Artinya, jika kita membuat situs di wordpress maka otomatis situs kita nempel pada situs tersebut, sehingga penamaannya agak sedikit panjang. Tapi nggak masalah jika situs kita isinya cukup menarik sehingga banyak yang berkunjung ke situs kita.

Oke tanpa banyak cuap-cuap lagi sekarang kita mulai dengan pembuatan blognya

Start blogging with wordpress.com

Langkah pertama anda harus mendaptar di wordpress.

1. Aktifkan browser anda (internet explorer, mozilla, dll)

2. Pada http address masukkan alamat http://www.wordpress.com/

image0021

3. Setelah halaman utama wordpress muncul, klik Sign Up Now

image0041

4. Setelah itu Anda harus mengisi sejumlah data yang diperlukan :

image006

  • Username : isikan username anda, minimal 4 karakter berupa teks dan atau nomor saja, tidak menggunakan karakter berupa simbol (!@#$%^&, dll)
  • Password : isikan password anda. Untuk keamanan, buatlah password minimal 6 karakter berupa teks dan atau nomor dan atau simbol.
  • Confirm : masukkan kembali password di atas untuk konfirmasi
  • Email Address : masukkan email address anda, jika belum punya silahkan buat terlebih dahulu.
  • Legal flotsam : klik kotak putih pada bagian ini, sehingga tercentang

5. Setelah semuanya diisi, klik next

image008

6. Jika berhasil, anda akan menjumpai halaman seperti di bawah ini, namun jika gagal anda harus terus mencobanya kembali.

image0111

Kegagalan dalam mengisi halaman pada langkah no. 5 biasanya pada :

  • Username sudah ada yang memakai atau anda menggunakan karakter berupa simbol atau menggunakan spasi (tidak boleh ada spasi)
  • Password anda terlalu pendek
  • Email Address anda sudah ada yang memakai

Bagi Anda yang sudah berhasil, lanjutkan ke langkah 7, namun jika Anda masih gagal ulangi terus langkah 5 di atas

7. Isi form seperti gambar di bawah ini:

image011

a. Blog Domain

Nah disini kita harus menentukan alamat blog kita. Domain adalah alamat dalam blog yang biasanya merupakan gambaran tentang blog kita. Jadi, kita harus pandai-pandai menentukan nama domain kita.

Pada dasarnya kita bebas menggunakan nama untuk domain blog kita, namun sehubungan dengan wordpress dipakai oleh pengguna internet seluruh dunia dan blogger yang menggunakan jasa wordpress sudah tidak sedikit, maka kemungkinan besar nama domain yang kita inginkan akan ditolak jika penamaannya telalu umum karena sudah keduluan dipakai orang lain. Nah untuk itu, anda jangan berputus asa.

Sebagai contoh, anda menginginkan domain dengan nama otodidak karena blog kita akan bertema dengan nama tersebut, ternyata otodidak ditolak wordpress, anda dapat mencobanya dengan autodidak, jika masih ditolak, anda dapat mencoba dengan menggunakan otodiduck, autodiduck, otodidac dan masih banyak lagi. Jadi kesimpulannya dalam penamaan domain ini kita harus pandai-pandai mencari kata yang sepadan dan unik.

b. Blog Tittle

Blog tittle adalah nama yang akan ditampilkan dalam halaman blog kita. Kita boleh menggunakan nama domain untuk blog tittle kita, misalkan otodiduck.wordpress.com

Berbeda dengan blog domain, blog tittle sifatnya bisa kita ubah-ubah kapan saja sesuai dengan selera kita, karena jika alamat domain kita menggunakan otodiduck.wordpress.com, kita bisa mengganti blog tittle kita dengan otodiduck weblog

c. Language

Disini kita harus menentukan pilihan bahasa. Pilihlah bahasa sesuai dengan bahasa yang dapat kita kuasai. Untuk mudahnya pergunakan saja bahasa Indonesia.

Setelah semuanya diisi, klik signup

8. Isi profil Anda lalu save. WordPress akan mengirim email ke alamat anda untuk konfirmasi

image012

9. Buka email Anda untuk aktivasi akun, lalu klik alamat aktivasi yang ada dalam email kita.

10. Jika selesai, wordpress akan menampilkan halaman sebagai berikut:

image014

Selamat, anda telah berhasil membuat blog di wordpress lihat blog anda dengan mengklik View your site atau Login untuk mengisi konten dalam blog Anda.

Jika Anda ingin terus memperbaharui blog anda, masuk ke alamat wordpress.com lalu sign in. masukkan username dan password sesuai dengan username dan password ketika anda melakukan pendaftaran.

Tampilan gambar situs di atas adalah tampilan situs yang kami copy pada tanggal 4 November 2008. Tampilan situs kemungkinan akan berbeda ketika anda melakukan pendaftaran pada wordpress di masa datang.

Posted on November 7, 2008, in 6. Tips & Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: