Perawatan Sepeda Motor

motorHai bung, pernahkah anda iri ketika melihat sepeda motor orang tetap terlihat kinclong dan mengkilap, padahal jika dilihat usianya sudah tahunan? Bukan apa-apa, aku juga jujur saja merasa iri kala itu tatkala melihat sepeda motor orang tetap terlihat begitu mengkilap dan nampak masih baru, padahal usianya sudah tua dibanding dengan sepeda motor yang aku punya dulu.

Sebetulnya banyak juga tulisan yang memuat tentang tips dan trik merawat motor agar tetap terlihat seperti baru. Namun, apa salahnya jika aku juga punya pengalaman tersendiri merawat sepeda motor sehingga sepeda motorku kini tetap terlihat seperti baru.

Sebelum kita mulai untuk menyimak cara merawatnya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam perawatan sepeda motor.

Bagian sepeda motor dapat dibagi ke dalam 4 bagian

1. Bagian body atas

  • Bagian yang terbuat dari plastik viber atau kristal (spatbor, cover body pada motor jenis bebek atau scootermatic, spion, reflektor, coverhead, ebeg)
  • Bagian yang terbuat dari logam (tanki pada motor jenis non bebek)

2. Bagian body bawah

  • Bagian yang terbuat dari logam (velg, jari-jari, knalpot, standar, blok mesin)
  • Bagian yang terbuat dari karet (ban)

3. Bagian Mesin

4. Bagian Kelistrikan

Nah, pada tulisan kali ini, aku hanya akan mengupas bagaimana merawat sepeda motor pada bagian body atas dan bawah saja, sedangkan untuk perawatan mesin dan kelistrikan, baiknya tanya saja sama ahlinya aja (mekanik gitu loh!).

Kenapa body bagian atas bawah harus dibedakan? Jelas harus kita bedakan, karena perawatannya pun akan berbeda.

Untuk perawatan, kita bebas mau merawat body bagian yang mana dulu tergantung pada kondisi kendaraan kita, jika tingkat kekotoran dan kekusaman body cukup ringan, sebaiknya kita mulai dari body bagian atas, sedangkan untuk tingkat kekotoran dan kekusaman body yang agak berat, sebaiknya kita mulai dari body bagian bawah dulu.

Cara Perawatan untuk Tingkat Kekotoran dan Kekusaman Ringan

Siapkan dulu bahan dan alat sebagai berikut:

  1. Lap Kanebo (jangan pake kolor bekas)
  2. Kit Paste Wax

Cara perawatan:

  1. Mulai dari bagian body atas, lap semua kotoran yang menempel memakai lap kanebo (cara ngelapnya ringan aja, tidak usah pake tenaga gede). Tidak disarankan memakai lap dari kaos bekas/baru, sarung bekas/baru, kaos kaki bekas/baru, apalagi kolor bekas. Hal ini untuk menghindari goresan kasar yang dapat membuat kusam cat.
  2. Setelah semua body atas selesai dilap secara ringan, lipat kanebo menjadi dua lipatan, sehingga nampak seperempat lebar kanebo.Pada salah satu bagian kanebo tadi, oleskan kit paste wax secara merata
  3. Setelah salah satu bagian kanebo diolesi kit paste wax, lap-kan ke seluruh bagian kendaraan yang telah dilap ringan sebelumnya.
  4. Ulangi pengelapan dengan salah satu bagian kanebo yang tidak diolesi kit paste wax.

Sekarang lanjutkan pada body bagian bawah.

Masih memakai kanebo yang tadi, tapi sekarang Anda lihat kanebonya, sudah hitam kan? Ga apa-apa, gak usah dicuci dulu, karena kita akan menggunakan sisa-sisa kit paste waxnya yang masih menempel pada kanebo.

Lapkan kanebo tadi ke body bagian bawah, mulai dari velg, jari-jari satu persatu, blok mesin, shokbreaker, standar, kenalpot.

Selesai deh! Anda dapat melihat hasilnya sendiri.

Tips: untuk kendaraan dengan tingkat kekusaman body yang ringan, tidak disarankan mengoleskan kit paste wax langsung ke bagian body kendaraan, hal ini menghindari cat cepat aus

Cara Perawatan untuk Tingkat Kekotoran dan Kekusaman Sedang dan Berat

Siapkan dulu bahan dan alat sebagai berikut:

  1. Ember
  2. Lap biasa
  3. Lap kanebo
  4. Sabun untuk mencuci piring
  5. Samphoo motor
  6. Air
  7. Selang air/gayung

Cara perawatan:

  1. Banjur/siram semua bagian motor mulai dari atas ke bawah dengan air. (hati-hati pada bagian mesin untuk sepeda motor yang sudah sangat tua).
  2. Mulailah dari body bagian bawah. Bersihkan dengan menggunakan air sabun pencuci piring dan memakai lap biasa (dari kaos atau kolor bekas) bagian seperti velg, knalpot, jari-jari, shokbreaker, ban, bagian bawah spatbor.
  3. Setelah semua bagian tersebut di atas digosok dengan air sabun, siram dengan menggunakan air, agar semua kotoran pada body bagian bawah seperti tanah dan pasir yang telah bercampur dengan sabun terlepas, sehingga tidak terlihat pasir atau tanah yang masih menempel, jika masih ada, bersihkan lagi bagian yang masih kotor seperti langkah semula.
  4. Sekarang mulai pada bodi bagian atas. Gosok menggunakan lap kanebo dan air shampoo motor semua body bagian atas secara merata.
  5. Masih menggunakan lap kanebo dan air samphoo motor, gosok kembali body bagian bawah motor.
  6. Setelah semua selesai digosok menggunakan air shampoo motor, siram semua bagian kendaraan dengan air, sehingga nampak bersih, tidak ada air sabun yang tersisa.
  7. Diamkan sejenak sepeda motor yang telah bersih, bila perlu kendaraan distandar dalam keadaan miring, agar semua air dapat cepat mengalir ke bawah.
  8. Peras kanebo yang telah digunakan untuk mencuci tadi hingga tidak keluar airnya (sepa)
  9. Lap semua bagian sepeda motor dengan menggunakan kanebo tadi.
  10. Untuk mendapatkan hasil yang lebih mengkilap, lakukan langkah-langkah cara perawatan kendaraan untuk tingkat kekusaman ringan, namun pada kali ini Anda dapat mengoleskan kit paste wax pada body motor dengan tingkat kekusaman yang agak berat.

Tips: Gerakan me-lap sebaiknya dilakukan memutar, agar hasilnya semakin kinclong

Perawatan Ban (ekstra)

Agar ban terlihat megkilap, bersihkan dulu semua bagian ban, lalu ambil kuas untuk mengecat berukuran 1,5 inc – 2 inch, celupkan ke kit black magic, usapkan ke bagian samping kiri kanan ban.

Sekarang, lihatlah motor anda, lebih kinclong kan? Apalagi jika dilakukan secara rutin.

Posted on November 7, 2008, in 6. Tips & Trik and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: